Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)



Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP                             :    SMP Negeri
Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester           :    VIII / 1
Standar Kompetensi    :    1.     Memahami permasalahan sosial berkaitan
                                                  dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar        :    1.3.  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan
                                                  hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.
Indikator                      :    o      Mengidentasi unsur-unsur lingkungan
                                                  (unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya.
                                          o      Menafsir arti penting lingkungan bagi kehidupan.
                                          o      Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
                                          o      Memberi contoh usaha pelestarian
                                                  lingkungan hidup.
                                          o      Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
                                          o      Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.        
Alokasi Waktu             :    4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan ).


A. TUJUAN PEMBELAJARAN 
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
      1.    Mengidentasi unsur-unsur lingkungan (unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya.
      2.    Menafsir arti penting lingkungan bagi kehidupan.
      3.    Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
      4.    Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
      5.    Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
      6.    Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.         

B. MATERI  PEMBELAJARAN
      1.   Unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, biotik, dan sosial budaya).
      2.    Arti penting lingkungan bagi kehidupan.
      3.    Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
      4.    Usaha pelestarian lingkungan hidup.
      5.    Hakekat pembenagunan berkelanjutan.
      6.    Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
     
C. METODE PEMBELAJARAN
      1.   Ceramah bervariasi.
      2.   Diskusi.
      3.   Tanya jawab.
     
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN           
      Pertemuan 1 :
      1.    Pendahuluan
     -      Apersepsi          : Menunjukkan gambar-gambar kerusakan lingkungan hidup.
            -      Motivasi     : Bertanya kepada siswa mengenai  penyebab kerusakan lingkungan hidup.
    
      2.    Kegiatan Inti  
            -    Mengamati LKS tentang lingkungan hidup.
            -     Tanya jawab dan diskusi tentang :
            -     Lingkungan hidup dan unsur-unsurnya.
            -     Arti penting lingkungan bagi kehidupan.
            -     Kerusakan lingkungan hidup dan faktor-faktor penyebabnya.
            -     Usaha pelestarian lingkungan hidup.
            -     Penekanan materi esensial oleh guru.
      3.    Penutup          
            -     Penilaian
            -     Merangkum materi yang dipelajari dengan membuat mind maping.
     
      Pertemuan 2 :
      1.    Pendahuluan
      -     Apersepsi          : Menampilkan gambar pabrik dengan cerobong asapnya.
            -      Motivasi     : Bertanya beberapa hal mengenai akibat-akibat akumulasi asap pabrik.
      2.    Kegiatan Inti    
            -      Belajar mandiri mengenai pembangunan berkelanjutan.
            -      Membuat mind maping tentang pembangunan berkelanjutan.
            -      Presentasi hasil kerja.
      3.    Penutup            
            -      Penilaian.
            -      Merangkum kembali.
    
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
      1.    Gambar dan artikel tentang kerusakan lingkungan.
      2.    Kertas karton /HVS
      3.    Kertas penilaian Psikomotorik
      4.    Buku Geografi yang relevan

F. PENILAIAN      
      1.    Teknik Penilaian
            a.    Tes Tertulis
            b.    Tes untuk kerja
      2.    Bentuk Instrumen :
            a.    Tes Uraian
            b.    Tes Identifikasi
            c.    Uji petik kerja produk
      3.    Soal /Instrumen :


0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"