RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami permasalahan
sosial berkaitan
dengan
pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan
hidup
dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.
Indikator : o Mengidentasi
unsur-unsur lingkungan
(unsur
biotik, abiotik, dan sosial budaya.
o Menafsir arti penting lingkungan bagi
kehidupan.
o Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan
lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
o Memberi contoh usaha pelestarian
lingkungan
hidup.
o Menafsirkan hakekat pembangunan
berkelanjutan.
o Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan
berkelanjutan.
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran ( 2 x pertemuan ).
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
1. Mengidentasi
unsur-unsur lingkungan (unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya.
2. Menafsir
arti penting lingkungan bagi kehidupan.
3. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
4. Memberi
contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
5. Menafsirkan
hakekat pembangunan berkelanjutan.
6. Mengidentifikasi
ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
B.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, biotik, dan sosial budaya).
2. Arti
penting lingkungan bagi kehidupan.
3. Bentuk
kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
4. Usaha
pelestarian lingkungan hidup.
5. Hakekat
pembenagunan berkelanjutan.
6. Ciri-ciri
pembangunan berkelanjutan.Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
C.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah bervariasi.
2.
Diskusi.
3.
Tanya jawab.
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1. Pendahuluan
- Apersepsi :
Menunjukkan gambar-gambar kerusakan
lingkungan hidup.
-
Motivasi : Bertanya kepada siswa
mengenai penyebab kerusakan lingkungan
hidup.
2. Kegiatan
Inti
-
Mengamati LKS tentang lingkungan hidup.
- Tanya
jawab dan diskusi tentang :
- Lingkungan
hidup dan unsur-unsurnya.
- Arti
penting lingkungan bagi kehidupan.
- Kerusakan
lingkungan hidup dan faktor-faktor penyebabnya.
- Usaha
pelestarian lingkungan hidup.
- Penekanan
materi esensial oleh guru.
3. Penutup
-
Penilaian
-
Merangkum materi yang dipelajari
dengan membuat mind maping.
Pertemuan 2 :
1. Pendahuluan
- Apersepsi
: Menampilkan gambar pabrik dengan cerobong asapnya.
-
Motivasi : Bertanya beberapa hal
mengenai akibat-akibat akumulasi asap pabrik.
2. Kegiatan
Inti
-
Belajar mandiri mengenai
pembangunan berkelanjutan.
- Membuat
mind maping tentang pembangunan berkelanjutan.
- Presentasi
hasil kerja.
3. Penutup
-
Penilaian.
-
Merangkum kembali.
E.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Gambar
dan artikel tentang kerusakan lingkungan.
2. Kertas
karton /HVS
3. Kertas
penilaian Psikomotorik
4. Buku
Geografi yang relevan
F.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Tes
Tertulis
b. Tes
untuk kerja
2. Bentuk
Instrumen :
a. Tes
Uraian
b. Tes
Identifikasi
c. Uji
petik kerja produk
3. Soal
/Instrumen :
0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"