Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)



Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )


SMP                             :    SMP Negeri
Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester           :    VIII / 1
Standar Kompetensi    :    4.     Memahami kegiatan pelaku ekonomi masyarakat.
Kompetensi Dasar        :    4.3.  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Indikator                      :    o      Menjelaskan pengertian, fungsi dan peranan pasar bagi masyarakat.
                                          o      Mengidentifiksi syarat-syarat terjadinya pasar.
                                          o      Menklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnyamsing-masing.
                                          o      Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret
                                          o      Mengidentifikasi ciri-ciri  pasar abstrak.
                                          o      Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar.
Alokasi Waktu             :    6 x 40 menit (6 x pertemuan)


A.   Tujuan Pembelajaran   :
       Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, diharapkan siswa dapat  :
  1. Mendiskripsikan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
  2. Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
  3. Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.
  4. Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret beserta contohnya.
  5. Mengidentifikasikan ciri-ciri pasar abstrak beserta contohnya.
  6. Mendemontrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar.
  7. Menyusun laporan hasil observasi kegiatan yang berlangsung di pasar tradisional.

B.   Materi Pembelajaran
1.   Pengertian, fungsi dan peranan pasar bagi masyarakat.
2.   Syarat-syarat terjadinya pasar.
3.   Macam-macam pasar dan contohnya.
4.   Perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak
5.   Penelitian sederhana tentang pasar.

C.   Metode Pembelajaran
1.      Ceramah bervariasi            
2.      Diskusi                              
3.      Inquiri                                   
4.      Tanya jawab
5.      Simulasi
6.      Observasi / Pengamatan

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
1.      Pertemuan 1
a.   Pendahuluan
-      Apersepsi     :     
       Di pasar tradisonal bias diketahui adanya produsen, konsumen, dan lain-lain.
-           Contoh-contoh kegiatan yang dilakukan penjual dan pembeli di pasar.



-           Motivasi   :  
       Dengan mengajukan pertanyaan misalnya, :
       1)   “Apakah kamu pernah belanja di pasar?
       2)   Barang-barang apa saja yang diperjualbelikan di pasar?
       3)   Berapa kali ibumu belanja di pasar setiap minggunya, jelaskan alasannya!
b.      Kegiatan inti
-          Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya masing-masing, serta pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
-          Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :
-          Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
-          Mempresentasikan hassil diskusi dari masing-masing kelompok.
-          Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c.    Penutup
-          Membuat kesimpulan bersama dari hasil diskusi
-          Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.

2.      Pertemuan 2
a.  Pendahuluan
-      Apersepsi      : 
       Di pasar tradisional bisa dijumpai penjual dan pembeli serta barang yang diperdagangkan.
-      Motivasi    : 
       1)   Apakah kamu belanja ke pasar?
       2)   Apa dan siapa yang kamu jumpai di pasar?
b.  Kegiatan inti
-          Guru memandu siswa dalam membaca referensi buku paket.
-          Guru menjelaskan syarat-syarat terjadinya pasar.
-          Guru tanya jawab tentang terjadinya pasar.
-          Penugasan tentang pengamatan pasar/observasi pasar.
c.  Penutup
-          Tanya jawab siswa /melakukan tes darimateri di atas.

3.      Pertemuan 3
a.  Pendahuluan
-          Apersepsi  :    
1)      Pengertian pasar
2)      Manfaat pasar bagi masyarakat.
-          Motivasi    : dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan.
1)      Apakah kamu pernah mengunjungi PRJ?
2)      Sebutkan nama-nama pasar yang kamu ketahui!
3)      Apakah di Indonesia ada Bursa Efek? Jelaskan!
b.  Kegiatan inti
-          Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya masing-masing, serta pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
-          Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang macam-macam pasar dan contohnya.
-          Mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
-          Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c.  Penutup
-          Membuat kesimpulan bersama dari hasil diskusi
-       Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.

4.      Pertemuan 4
a.   Pendahuluan
-          Apersepsi  :  Perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak.
-           Motivasi    : 
1)      Apakah kamu pernah belanja barang atau jasa, tetapi tidak bertemu langsung dengan penjual?
2)      Apakah kamu kalau belanja ketemu antara penjual dan pembeli, serta ada barang yang diperjual belikan?
b.   Kegiatan inti
-          Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya masing-masing, serta pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
-          Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak dan contohnya.
-          Mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
-          Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c.       Penutup
-          Membuat kesimpulan bersama dari hasil diskusi
-       Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.

      5.   Pertemuan 5
a.   Pendahuluan
-          Apersepsi  : 
1)      Semua anggota masyarakat sangat memerlukan keberadaan pasar.
2)      Dengan melakukan jual beli, pasar dapat meningkatkan taraf hidup/kesejahteraan masyarakat.
-           Motivasi    : 
1)      Benarkah semua pedagang di pasar selalu memperoleh keuntungan?
2)      Apa saja yang dilakukan pedagang dan pembeli di pasar?
b.   Kegiatan inti
-          Guru memandu siswa untuk melaksanakan simulasi dan , dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya masing-masing, serta pembagian tugas menulis hasil simulasi  dan bersimulasi.
-          Guru mempersilahkan siswa menyiapkan bahan simulasi
-          Masing-masing kelompok mempresentasikan simulasi dengan berdialog.
-          Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok yang selesai melakukan simulasi.
-          Aspek yang diperlukan dalam simulasi ini :
1)      kemampuan menawarkan barang dagangannya.
2)      Kemampuan menunjukkan/meyakinkan keunggulan produk yang dijual.
3)      Kemampuan menarik perhatian pembeli
4)      Kemampuan pembeli menilai barang yang akan dibeli
5)      Kemampuan pembeli menawar barang yang akan dibeli
6)      Kemampuan penjual meyakinkan bahwa harga barang yang dijualnya murah
d.      Penutup
-          Membuat kesimpulan bersama dari hasil simulasi
-       Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.

      6.   Pertemuan 6
a.   Pendahuluan
-          Apersepsi  : 
1)      Penelitian dapat memotivasi siswa untuk belajar langsung dari sumbernya.
2)      Hasil penelitian dapat menambah keyakinan tentang kebenaran ilmu yang dipelajari.

-          Motivasi    : 
1)      Apakah kamu senang dengan kegiatan penelitian?
2)      Kendala apa yang kamu temui ketika melakukan penelitian?
3)      Apakah kesan yang paling menarik ketika melakukan penelitian?
b.   Kegiatan inti
-          Guru mengatur teknis pelaksanaan penelitian antara lain :
1)      Kerjasama kelompok
2)      Pembagian kerja yang jelas dari masing-masing anggota kelompok
-          Obyek penelitian yang dilakukan meliputi :
1)      Jenis barang apa saja yang diperdagangkan, berikut harganya
2)      Omzet penjualan setiap hari /setiap bulannya
3)      Persen keuntungan dari masing-masing jenis dagangan
4)      Jenis barang apa saja yang sangat laku dan yang kurang laku
5)      Macam-macam biaya yang dikeluarkan pedagang setiap harinya
-          Melakukan pengamatan di pasar dimana masing-masing anggota kelompok mendapat tugas mencari informasi dari obyek yang harus diteliti :
-          Aspek rubric pelaksanaan observasi :
1)      kegigihan mencari data
2)      kemampuan bertanya pada obyek
3)      kemampuan menulis data
4)      kekompakan anggota kelompok
5)      kedalamanan dan keluasan materi
6)      teknik penyusunan tulisan
7)      ketepatan waktu menyerahkan hasil
-          Ketua kelompok mengumpulkan hasil penelitian dan dibuat laporan dengan sistematika :
1)      Pendahuluan
2)      Hasil penelitian
3)      Kesimpulan
-          Guru mempersilahkan siswa atau kelompok menyelesaikan pembuatan laporan dirumah
-          Guru mempersilahkan siswa menyiapkan presentasi dari hasil penelitiannya
-          Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil penelitian
-          Kelompok lain menanggapinya.
c.   Penutup
-          Membuat kesimpulan bersama dari hasil penelitian
-       Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.

E.  Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku ................Pengarang ................Halaman .......................
2.      Kertas bergaris/HVS.
3.      Guru
4.      Rubrik simulasi dan observasi            
5.      Buku ekonomi yang relevan
6.      Lingkungan masyarakat ( pasar, swalayan, koperasi sekolah,  )

F.     Penilaian

1.      Teknik Penilaian:
a.       Tes Tulis.
b.      Tes lisan.
c.       Penugasan
d.      Demontrasi/simulasi
e.       Observasi

2.      Bentuk Instrumen
a.       Daftar pertanyaan
b.      Tes isian singkat.
c.       Tes Uraian
d.      Pekerjaan rumah
e.       Simulasi rubrik
f.       Lembar observasi

RUBRIK SIMULASI JUAL BELI BARANG DAN JASA

No
Nama Siswa
Aspek yang Di Nilai/Rentang Nilai
Jml Skor
Nilai Akhir
I
II
III
IV
V
VI
VII
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
30
(30:40) x 10 = 75























Daftar aspek Simulasi yang dinilai :
I.        Kemampuan menawarkan barang dagangan
II.     Kemampuan menunjukkan keunggulan produk yang dijual
III.  Kemampuan menarik perhatian pembeli
IV.  Kemampuan pembeli memilih barang yang akan dibeli
V.     Kemampuan pembeli menawar barang yang akan dibeli
VI.  Kemampuan penjual meyakinkan bahwa harga barang yang akan dijual murah.

RUBRIK OBSERVASI PASAR

No
Nama Siswa
Aspek yang Di Nilai/Rentang Nilai
Jml Skor
Nilai Akhir
I
II
III
IV
V
VI
VII
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
30
(30:40) x 10 = 75























Aspek rubric pelaksanaan observasi :
I.         Kegigihan mencari data
II.      Kemampuan bertanya padaobyek
III.   Kemampuan menuliskan data
IV.   Kekompakan anggota kelompok
V.      Kedalaman dan keluasan materi
VI.   Teknik dan penyusunan tulisan
VII.                                              Ketepatan waktu menyerahkan hasil

Tes lisan ( Terlampir )
Tes Isian ( Terlampir )
Tes Uraian ( Terlampir )

0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"