RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Standar
Kompetensi : 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi masyarakat.
Kompetensi Dasar :
4.3. Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Indikator :
o Menjelaskan pengertian, fungsi
dan peranan pasar bagi masyarakat.
o Mengidentifiksi syarat-syarat terjadinya
pasar.
o Menklasifikasi macam-macam pasar beserta
contohnyamsing-masing.
o Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret
o Mengidentifikasi ciri-ciri pasar abstrak.
o Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (6 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan
pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
- Mendiskripsikan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
- Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
- Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.
- Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret beserta contohnya.
- Mengidentifikasikan ciri-ciri pasar abstrak beserta contohnya.
- Mendemontrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar.
- Menyusun laporan hasil observasi kegiatan yang berlangsung di pasar tradisional.
B. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian, fungsi dan peranan
pasar bagi masyarakat.
2. Syarat-syarat terjadinya pasar.
3. Macam-macam pasar dan contohnya.
4. Perbedaan pasar konkret dan pasar
abstrak
5. Penelitian sederhana tentang pasar.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
- Apersepsi :
Di pasar tradisonal bias diketahui adanya
produsen, konsumen, dan lain-lain.
-
Contoh-contoh kegiatan yang dilakukan penjual
dan pembeli di pasar.
-
Motivasi
:
Dengan
mengajukan pertanyaan misalnya, :
1) “Apakah
kamu pernah belanja di pasar?
2) Barang-barang
apa saja yang diperjualbelikan di pasar?
3) Berapa
kali ibumu belanja di pasar setiap minggunya, jelaskan alasannya!
b.
Kegiatan inti
-
Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi,
dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya masing-masing,
serta pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
-
Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :
-
Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi
masyarakat.
-
Mempresentasikan hassil diskusi dari masing-masing
kelompok.
-
Melakukan penilaian dari hasil pengamatan
pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c.
Penutup
-
Membuat
kesimpulan bersama dari hasil diskusi
-
Melakukan
tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
- Apersepsi :
Di pasar tradisional bisa dijumpai penjual dan pembeli serta
barang yang diperdagangkan.
- Motivasi
:
1) Apakah
kamu belanja ke pasar?
2) Apa
dan siapa yang kamu jumpai di pasar?
b. Kegiatan
inti
-
Guru
memandu siswa dalam membaca referensi buku paket.
-
Guru
menjelaskan syarat-syarat terjadinya pasar.
-
Guru
tanya jawab tentang terjadinya pasar.
-
Penugasan
tentang pengamatan pasar/observasi pasar.
c. Penutup
-
Tanya
jawab siswa /melakukan tes darimateri di atas.
3.
Pertemuan 3
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
1) Pengertian pasar
2) Manfaat pasar bagi masyarakat.
-
Motivasi : dapat dilakukan dengan mengajukan
pertanyaan.
1) Apakah kamu pernah mengunjungi PRJ?
2) Sebutkan nama-nama pasar yang kamu
ketahui!
3) Apakah di Indonesia ada Bursa Efek? Jelaskan!
b. Kegiatan inti
-
Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi,
dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya masing-masing,
serta pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
-
Masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang macam-macam pasar dan contohnya.
-
Mempresentasikan
hasil diskusi masing-masing kelompok.
-
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c. Penutup
-
Membuat
kesimpulan bersama dari hasil diskusi
-
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan
dengan materi di atas.
4.
Pertemuan 4
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
Perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak.
-
Motivasi
:
1) Apakah kamu pernah belanja barang atau
jasa, tetapi tidak bertemu langsung dengan penjual?
2) Apakah kamu kalau belanja ketemu antara
penjual dan pembeli, serta ada barang yang diperjual belikan?
b.
Kegiatan inti
-
Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi,
dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya masing-masing,
serta pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
-
Masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak dan
contohnya.
-
Mempresentasikan
hasil diskusi masing-masing kelompok.
-
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c. Penutup
-
Membuat
kesimpulan bersama dari hasil diskusi
-
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan
dengan materi di atas.
5. Pertemuan 5
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
1) Semua anggota masyarakat sangat memerlukan
keberadaan pasar.
2) Dengan melakukan jual beli, pasar dapat
meningkatkan taraf hidup/kesejahteraan masyarakat.
-
Motivasi
:
1) Benarkah semua pedagang di pasar selalu
memperoleh keuntungan?
2) Apa saja yang dilakukan pedagang dan
pembeli di pasar?
b. Kegiatan
inti
-
Guru memandu siswa untuk melaksanakan simulasi
dan , dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduknya
masing-masing, serta pembagian tugas menulis hasil simulasi dan bersimulasi.
-
Guru mempersilahkan siswa menyiapkan bahan
simulasi
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan simulasi
dengan berdialog.
-
Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok
yang selesai melakukan simulasi.
-
Aspek yang diperlukan dalam simulasi ini :
1)
kemampuan menawarkan barang dagangannya.
2)
Kemampuan menunjukkan/meyakinkan keunggulan produk yang
dijual.
3)
Kemampuan menarik perhatian pembeli
4)
Kemampuan pembeli menilai barang yang akan dibeli
5)
Kemampuan pembeli menawar barang yang akan dibeli
6)
Kemampuan penjual meyakinkan bahwa harga barang yang
dijualnya murah
d. Penutup
-
Membuat
kesimpulan bersama dari hasil simulasi
-
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan
dengan materi di atas.
6. Pertemuan 6
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
1) Penelitian dapat memotivasi siswa untuk
belajar langsung dari sumbernya.
2) Hasil penelitian dapat menambah keyakinan
tentang kebenaran ilmu yang dipelajari.
-
Motivasi :
1) Apakah kamu senang dengan kegiatan
penelitian?
2) Kendala apa yang kamu temui ketika
melakukan penelitian?
3) Apakah kesan yang paling menarik ketika
melakukan penelitian?
b.
Kegiatan inti
-
Guru mengatur teknis pelaksanaan penelitian
antara lain :
1)
Kerjasama kelompok
2)
Pembagian kerja yang jelas dari masing-masing anggota
kelompok
-
Obyek penelitian yang dilakukan meliputi :
1)
Jenis barang apa saja yang diperdagangkan, berikut
harganya
2)
Omzet penjualan setiap hari /setiap bulannya
3)
Persen keuntungan dari masing-masing jenis dagangan
4)
Jenis barang apa saja yang sangat laku dan yang kurang
laku
5)
Macam-macam biaya yang dikeluarkan pedagang setiap
harinya
-
Melakukan pengamatan di pasar dimana masing-masing
anggota kelompok mendapat tugas mencari informasi dari obyek yang harus
diteliti :
-
Aspek rubric pelaksanaan observasi :
1)
kegigihan mencari data
2)
kemampuan bertanya pada obyek
3)
kemampuan menulis data
4)
kekompakan anggota kelompok
5)
kedalamanan dan keluasan materi
6)
teknik penyusunan tulisan
7)
ketepatan waktu menyerahkan hasil
-
Ketua kelompok mengumpulkan hasil penelitian dan
dibuat laporan dengan sistematika :
1)
Pendahuluan
2)
Hasil penelitian
3)
Kesimpulan
-
Guru mempersilahkan siswa atau kelompok
menyelesaikan pembuatan laporan dirumah
-
Guru mempersilahkan siswa menyiapkan presentasi
dari hasil penelitiannya
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
penelitian
-
Kelompok lain menanggapinya.
c. Penutup
-
Membuat
kesimpulan bersama dari hasil penelitian
-
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan
dengan materi di atas.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku ................Pengarang
................Halaman .......................
2. Kertas bergaris/HVS.
3. Guru
4. Rubrik simulasi dan observasi
5. Buku ekonomi yang relevan
6. Lingkungan masyarakat ( pasar, swalayan,
koperasi sekolah, )
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes lisan.
c. Penugasan
d. Demontrasi/simulasi
e. Observasi
2. Bentuk Instrumen
a. Daftar pertanyaan
b. Tes isian singkat.
c. Tes Uraian
d. Pekerjaan rumah
e. Simulasi rubrik
f. Lembar observasi
RUBRIK SIMULASI JUAL BELI BARANG DAN JASA
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Di Nilai/Rentang Nilai
|
Jml Skor
|
Nilai Akhir
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
30
|
(30:40) x 10 = 75
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar aspek
Simulasi yang dinilai :
I.
Kemampuan menawarkan barang dagangan
II.
Kemampuan menunjukkan keunggulan produk yang dijual
III. Kemampuan
menarik perhatian pembeli
IV. Kemampuan
pembeli memilih barang yang akan dibeli
V.
Kemampuan pembeli menawar barang yang akan dibeli
VI. Kemampuan
penjual meyakinkan bahwa harga barang yang akan dijual murah.
RUBRIK OBSERVASI PASAR
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Di Nilai/Rentang Nilai
|
Jml Skor
|
Nilai Akhir
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
30
|
(30:40) x 10 = 75
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek rubric
pelaksanaan observasi :
I.
Kegigihan mencari data
II.
Kemampuan bertanya padaobyek
III.
Kemampuan menuliskan data
IV.
Kekompakan anggota kelompok
V.
Kedalaman dan keluasan materi
VI.
Teknik dan penyusunan tulisan
VII.
Ketepatan waktu menyerahkan hasil
Tes lisan (
Terlampir )
Tes Isian (
Terlampir )
Tes Uraian (
Terlampir )
0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 8 Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"