Contoh Rencana Pembelajaran (RP) Matematika SD Kelas 5 Semester 2



Contoh Rencana Pembelajaran (RP) Matematika SD Kelas 5 Semester 2

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :    Matematika
Satuan Pendidikan   :    Sekolah Dasar
Kelas / Semester       :    V / II
Hari / Tanggal           :    Rabu, 20 Januari 2010-01-23
Waktu                       :    2 x 40 menit

-      Kompetensi Dasar      :      Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah
-      Hasil Belajar               :      Menghitung Perpangkatan Akar
-      Indikator                     :      -      Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai Perkalian Berulang
                                                  -      Operasi Bilangan Berpangkat Dua

I.     Materi Pelajaran
       A.   Pokok‑pokok Materi
              Operasi hitung dengan bilangan bulat
-      Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan negatif, nol dan bilangan positif.
-      Perpangkatan bilangan atau Perkalian berulang adalah mengalihkan suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak bilangan pangkatnya
       Contoh     :      2 x 2 = 4, selanjutnya 2 x 2 dapat ditulis 22
                               (Dibaca dua pangkat dua atau dua kuadrat)
                               Jadi   22 = 2 x 2 = 4
                                        52 = 5 x 5 = 25
       Bilangan berpangkat dalam suatu operasi hitung :
1.    Penjumlahan
       Contoh     =     32 + 52    =     ( 3 x 3 ) + ( 5 x 5)
                                             =     9 + 25
                                             =     34


2.    Pengurangan
       Contoh     =     52 ‑ 22   =     ( 5 x 5 ) - ( 2 x 2 )
                                             =     25 ‑ 4
                                             =     21
3.    Perkalian
       Contoh     =     42 x 22 =     ( 4 x 4 ) x ( 2 x 2 )
                                             =     64
4.    Pembagian
       Contoh     =     62 : 22     =     ( 6 x 6 ) : ( 2 x 2)
                                             =     36 : 4
                                             =     9                    
       B.    Media / Sarana Dan Sumber
1.    Media / Sarana       :      Kertas manila , Spidol
2.    Sumber                   :      -      Matematika untuk Kelas V SD, M. Kahfid Suyati, Erlangga, Jakarta 2004, hal. 46-58
                                             -      Matematika 5 Gemar Belajar untuk SD Kelas V, Aneka Ilmu, Semarang 2004,    hal. 30-36

II.   Kegiatan Belajar Mengajar
       A.   Metode
              1.    Demontrasi
              2.    Ceramah
              3.    Tanya Jawab
              4.    Penugasan
       B.    Langkah Pembelajaran
              1.    Pra KBM
                     -      Menyiapkan Alat Pembelajaran
              2.    Kegiatan Awal (5 menit)
                     a.    Salam
                     b.    Perkenalan
                     c.    Absen
                     d.    Apresiasi

                     Apa yang dimaksud bilangan bulat
                     Apa yang dimaksud perkalian berulang atau perpangkatan
              3.    Kegiatan Inti (40 menit)
                     a.    Guru memberi penjelasan tentang bilangan bulat dan perpangkatan
                     b.    Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang operasi hitung bilangan berpangkat
                     c.    Guru menulis soal di papan tulis/kertas manila siswa maju satu persatu bergantian
                     d.    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan membagi lembar kerja siswa (LKS)
                     e.    Guru mengamati, membimbing dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan
                     f.     Guru dan siswa membahas hasil kerja kelompok, selanjutnya membuat rangkuman dari materi pelajaran yang telah dipelajari
                     g.    Siswa bersama teman kelompok membahas LK
              4.    Kegiatan Akhir (30 menit)
                     a.    Guru membagi kertas Soal Tes Formatif 
                     b.    Siswa mengerjakan Soal Tes Formatif secara mandiri
                     c.    Guru mengoreksi hasil Tes Formatif
                     d.    Guru menganalisa hasil Tes Formatif
              5.    Kegiatan Tindak Lanjut (5 menit)
                     a.    Guru mengadakan perbaikan bagi siswa yang mendapat nilai kurang dari 6
                     b.    Guru mengadakan pengayaan bagi siswa yang mendapat nilai 6 atau lebih

III.  Penilaian / Evaluasi
       A.   Prosedur Penilaian
              1.    Tes Awal                                       :      Ada ‑ Apersasi
              2.    Tea Dalam PBM                            :      Ada ‑ LK
              3.    Tes Setelah PBM / Tes Akhir        :      Berupa Tes Formatif
              4.    Tes Tindak Lanjut                         :      Perbaikan Dan Pengayaan


       B.    Jenis Tes
              1.    Tes Lisan
              2.    Tes Tcrtulis
C.    Bentuk Tes
       1.    Berupa Uraian Terbatas
        2.   Berupa Isian Singkat
D.   Alat Tes
       1.    Lembar Kerja Tes Formatif
       2.    Lembar Kerja Tes Perbaikan
       3.    Lembar Kerja Tes Pengayaan
       4.    Kunci Jawaban


                                                                                                            

RANGKUMAN MATERI

1.    Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan negatif, nol dan bilangan positif
2.    Perpangkatan bilangan atau perkalian berulang adalah mengalihkan suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak bilangan pangkatnya
       Contoh :  32  =  3 x 3  =  9

LEMBAR KERJA

Mata Pelajaran            :      Matematika
Kelas / Semester         :      V / II
Indikator                     :      -      Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai Perkalian Berulang
                                           -      Operasi Bilangan Berpangkat Dua

Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan Benar !
1.    22    +  32 =     ( ……….  x  ………. )    +           ( ……….  x  ………. )   =   ………
2.    62    -  42   =     ( ……….  x  ………. )    -  ( ……….  x  ………. )   =   ………
3.    52    x  22 =     ( ……….   x ………. )    x  ( ……….  x  ………. )   =   ………
4.    82    :  42   =     ( ……….  x  ………. )    :    ( ……….  x  ………. )   =   ………
5.    102  +  42 =     ( ……….  X  ………. )  +   ( ……….  x  ………. )   =   ………


NAMA KELOMPOK :
1.

2.

3.

4.


NAMA    :    …………………….
KELAS    :    ……………………. 


TES FORMATIF

Mata Pelajaran            :      Matematika
Kelas / Semester         :      V / II
Indikator                     :      -      Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai Perkalian Berulang
                                           -      Operasi Bilangan Berpangkat Dua

Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan Benar !
1.    42   +  62 =     ( ……….  x  ………. )    +           ( ……….  x  ………. )   =   ………
2.    32   x  22 =     ( ……….  x  ………. )    x  ( ……….  x  ………. )   =   ………
3.  102   :   52 =     ( ……….   x ………. )    :   ( ……….  x  ………. )   =   ………
4.    92    -   52 =     ( ……….  x  ………. )    -            ( ……….  x  ………. )   =   ………
5.    62    :   22 =     ( ……….  X  ………. )  :    ( ……….  x  ………. )   =   ………
6.    52   +  82 =     ( ……….  x  ………. )    +           ( ……….  x  ………. )   =   ………
7.    52    x  22 =     ( ……….  x  ………. )    x  ( ……….  x  ………. )   =   ………
8.    82    -   62 =     ( ……….   x ………. )    -  ( ……….  x  ………. )   =   ………

NAMA    :    …………………….
KELAS    :    ……………………. 


TES PERBAIKAN

Mata Pelajaran            :      Matematika
Kelas / Semester         :      V / II
Indikator                     :      -      Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai Perkalian Berulang
                                           -      Operasi Bilangan Berpangkat Dua

Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan Benar !
1.  102   -   92 =     ( ……….   x ………. )    -            ( ……….  x  ………. )   =   ………
1.  122   :   22 =     ( ……….   x ………. )    :   ( ……….  x  ………. )   =   ………
2.    82   +  52 =     ( ……….  x  ………. )    +           ( ……….  x  ………. )   =   ………
4.    52   x   22 =     ( ……….  x  ………. )    x  ( ……….  x  ………. )   =   ………
5.    62   -     32 =     ( ……….  X  ………. )  -  ( ……….  x  ………. )   =   ………
                    

NAMA    :    …………………….
KELAS    :    ……………………. 


TES PENGAYAAN

Mata Pelajaran            :      Matematika
Kelas / Semester         :      V / II
Indikator                     :      -      Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai Perkalian Berulang
                                           -      Operasi Bilangan Berpangkat Dua

Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan Benar !
1.    22   x    52         =     ( ……….  x  ………. )2        
                               =     ………
                               =     ………

2.    52   x    42         =     ( ……….  x  ………. )2        
                               =     ………
                               =     ………

3.    32   x    42         =     ( ……….  x  ………. )2        
                               =     ………
                               =     ………

4.    62   x    52         =     ( ……….  x  ………. )2        
                               =     ………
                               =     ………

KUNCI JAWABAN

LEMBAR KERJA
1.    13
2.    20
3.    100
5.    125
TES FORMATIF
1.    52
2.    36
3.    4
4.    56
5.    9
6.    89
7.    100
8.    28
TES PERBAIKAN
1.    19
2.    36
3.    100
4.    100
5.    27
TES PENGAYAAN
1.    22    x     52     =     ( 2 x 5 )2
                            =     102
                            =     100
2.    52    x     42    =     ( 5 x 4 )2
                            =     202
                            =     400
3.    32    x     42    =     ( 3 x 4 )2
                            =     122
                            =     144
4.    62    x     52    =     ( 6 x 5 )2
                            =     302
                            =     900

0 Response to "Contoh Rencana Pembelajaran (RP) Matematika SD Kelas 5 Semester 2 "