Contoh Rencana Pembelajaran (RP)
Matematika SD Kelas 5 Semester 2
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : V / II
Hari / Tanggal :
Rabu, 20 Januari 2010-01-23
Waktu :
2 x 40 menit
- Kompetensi
Dasar : Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah
- Hasil
Belajar : Menghitung Perpangkatan Akar
- Indikator
: - Menuliskan
Perpangkatan Dua Sebagai Perkalian Berulang
- Operasi Bilangan Berpangkat Dua
I. Materi
Pelajaran
A. Pokok‑pokok Materi
Operasi
hitung dengan bilangan bulat
- Bilangan bulat
adalah bilangan yang terdiri dari bilangan negatif, nol dan bilangan positif.
- Perpangkatan
bilangan atau Perkalian berulang adalah mengalihkan suatu bilangan dengan bilangan
itu sendiri sebanyak bilangan pangkatnya
Contoh
: 2
x 2 = 4, selanjutnya 2 x 2 dapat ditulis 22
(Dibaca
dua pangkat dua atau dua kuadrat)
Jadi 22 = 2 x 2 = 4
52
= 5 x 5 = 25
Bilangan
berpangkat dalam suatu operasi hitung :
1. Penjumlahan
Contoh
= 32
+ 52 = ( 3 x 3 ) + ( 5 x 5)
=
9 + 25
=
34
2. Pengurangan
Contoh
= 52
‑ 22 = (
5 x 5 ) - ( 2 x 2 )
=
25 ‑ 4
=
21
3. Perkalian
Contoh
= 42
x 22 = (
4 x 4 ) x ( 2 x 2 )
=
64
4. Pembagian
Contoh
= 62
: 22 = ( 6 x 6 ) : ( 2 x 2)
=
36 : 4
=
9
B. Media / Sarana Dan Sumber
1. Media
/ Sarana : Kertas manila , Spidol
2. Sumber : - Matematika untuk
Kelas V SD,
M. Kahfid Suyati, Erlangga, Jakarta 2004, hal. 46-58
- Matematika 5 Gemar Belajar untuk SD Kelas
V, Aneka Ilmu, Semarang 2004, hal.
30-36
II. Kegiatan
Belajar Mengajar
A. Metode
1. Demontrasi
2. Ceramah
3. Tanya Jawab
4. Penugasan
B. Langkah Pembelajaran
1. Pra KBM
- Menyiapkan Alat Pembelajaran
2. Kegiatan Awal (5 menit)
a. Salam
b. Perkenalan
c. Absen
d. Apresiasi
Apa
yang dimaksud bilangan bulat
Apa
yang dimaksud perkalian berulang atau perpangkatan
3. Kegiatan Inti (40 menit)
a. Guru memberi penjelasan tentang bilangan
bulat dan perpangkatan
b. Guru bersama siswa melakukan tanya jawab
tentang operasi hitung bilangan berpangkat
c. Guru menulis soal di papan tulis/kertas
manila siswa maju satu persatu bergantian
d. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
dan membagi lembar kerja siswa (LKS)
e. Guru mengamati, membimbing dan membantu
kelompok yang mengalami kesulitan
f. Guru dan siswa membahas hasil kerja
kelompok, selanjutnya membuat rangkuman dari materi pelajaran yang telah
dipelajari
g. Siswa bersama teman kelompok membahas LK
4. Kegiatan Akhir (30 menit)
a. Guru membagi kertas Soal Tes Formatif
b. Siswa mengerjakan Soal Tes Formatif secara
mandiri
c. Guru mengoreksi hasil Tes Formatif
d. Guru menganalisa hasil Tes Formatif
5. Kegiatan Tindak Lanjut (5 menit)
a. Guru mengadakan perbaikan bagi siswa yang
mendapat nilai kurang dari 6
b. Guru mengadakan pengayaan bagi siswa yang
mendapat nilai 6 atau lebih
III. Penilaian
/ Evaluasi
A. Prosedur Penilaian
1. Tes Awal : Ada
‑ Apersasi
2. Tea Dalam PBM : Ada ‑ LK
3.
Tes Setelah PBM / Tes Akhir : Berupa
Tes Formatif
4.
Tes Tindak Lanjut : Perbaikan Dan Pengayaan
B. Jenis Tes
1. Tes Lisan
2.
Tes Tcrtulis
C. Bentuk Tes
1. Berupa Uraian Terbatas
2. Berupa
Isian Singkat
D. Alat Tes
1. Lembar Kerja Tes Formatif
2. Lembar Kerja Tes Perbaikan
3. Lembar Kerja Tes Pengayaan
4. Kunci Jawaban
RANGKUMAN MATERI
1. Bilangan
bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan negatif, nol dan bilangan
positif
2. Perpangkatan
bilangan atau perkalian berulang adalah mengalihkan suatu bilangan dengan
bilangan itu sendiri sebanyak bilangan pangkatnya
Contoh
: 32 = 3 x
3 =
9
LEMBAR KERJA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : V
/ II
Indikator : - Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai
Perkalian Berulang
- Operasi Bilangan Berpangkat Dua
Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan
Benar !
1. 22 + 32
= (
………. x
………. ) + ( ………. x ………. )
= ………
2. 62 - 42
= (
………. x
………. ) - ( ………. x ………. )
= ………
3. 52 x 22
= (
………. x ………. ) x (
………. x
………. ) = ………
4. 82 : 42
= (
………. x
………. ) : ( ………. x ………. )
= ………
5. 102 + 42
= (
………. X
………. ) + (
………. x
………. ) = ………
NAMA KELOMPOK :
1.
2.
3.
4.
NAMA : …………………….
KELAS : …………………….
TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : V
/ II
Indikator : - Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai
Perkalian Berulang
- Operasi Bilangan Berpangkat Dua
Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan
Benar !
1. 42 + 62
= (
………. x
………. ) + ( ………. x ………. )
= ………
2. 32 x 22
= (
………. x
………. ) x ( ………. x ………. )
= ………
3.
102 : 52 =
( ………. x ………. )
: (
………. x
………. ) = ………
4. 92 - 52 =
( ……….
x ………. ) - (
………. x
………. ) = ………
5. 62 : 22 =
( ……….
X ………. ) : (
………. x
………. ) = ………
6. 52 + 82
= (
………. x
………. ) + ( ………. x ………. )
= ………
7. 52 x 22 =
( ……….
x ………. ) x (
………. x
………. ) = ………
8. 82 - 62 =
( ………. x ………. )
-
( ………. x ……….
) =
………
NAMA : …………………….
KELAS : …………………….
TES PERBAIKAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : V
/ II
Indikator : - Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai
Perkalian Berulang
- Operasi Bilangan Berpangkat Dua
Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan
Benar !
1.
102 - 92 =
( ………. x ………. )
- (
………. x
………. ) = ………
1.
122 : 22 =
( ………. x ………. )
: (
………. x
………. ) = ………
2. 82 + 52
= (
………. x
………. ) + ( ………. x ………. )
= ………
4. 52 x 22 =
( ……….
x ………. ) x (
………. x
………. ) = ………
5. 62 - 32 =
( ……….
X ………. ) - (
………. x
………. ) = ………
NAMA : …………………….
KELAS : …………………….
TES PENGAYAAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : V
/ II
Indikator : - Menuliskan Perpangkatan Dua Sebagai
Perkalian Berulang
- Operasi Bilangan Berpangkat Dua
Kerjakan Soal-Soal Berikut dengan
Benar !
1. 22 x 52 =
( ……….
x ………. )2
= ………
= ………
2. 52 x 42 =
( ……….
x ………. )2
= ………
= ………
3. 32 x 42 =
( ……….
x ………. )2
= ………
= ………
4. 62 x 52 =
( ……….
x ………. )2
= ………
= ………
KUNCI JAWABAN
LEMBAR KERJA
1. 13
2. 20
3. 100
5. 125
TES FORMATIF
1. 52
2. 36
3. 4
4. 56
5. 9
6. 89
7. 100
8. 28
TES PERBAIKAN
1. 19
2. 36
3. 100
4. 100
5. 27
TES PENGAYAAN
1. 22
x 52 = (
2 x 5 )2
=
102
=
100
2. 52
x 42
= (
5 x 4 )2
= 202
= 400
3. 32
x 42
= (
3 x 4 )2
= 122
= 144
4. 62
x 52
= (
6 x 5 )2
= 302
= 900
0 Response to "Contoh Rencana Pembelajaran (RP) Matematika SD Kelas 5 Semester 2 "