Contoh RPP SD Kelas 3 Semester 1
Pendidikan Lingkungan Hidup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas / Semester : III
/ 1
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Pokok Bahasan : Sumber
Daya Alam
I. Standar Kompetensi
Mengenal jenis-jenis hewan dan tumbuhan beserta
manfaat dan pelestariannya.
II. Kompetensi Dasar
a. Menyebutkan jenis-jenis habitat tumbuhan
dan hewan.
b. Menyebutkan jenis tumbuhan dan hewan yang
dapat hidup di suatu habitat (misalnya air).
III. Indikator
a. Mengidentifikasi manfaat tumbuhan dan
hewan bagi manusia.
b. Memahami cara pelestarian terhadap
tumbuhan dan hewan.
IV. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menycbutkan manfaat tumbuhan
dan hewan bagi manusia.
b. Siswa tahu cara melestarikan tumbuhan dan
newan.
V. Materi Pokok Pembelajaran
Habitat
tumbuhan dan hewan
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Demonstrasi
c. Unjuk kerja
d. Penugasan
e. Diskusi
f. Observasi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. KegiatanAwal
(i) Berdo’a.
(ii) Absensi siswa.
(iii) Apersepsi terhadap sumber daya alam khususnya
manfaat hewan dan tumbuhan.
b. Kegiatan Inti
(i) Guru menjelaskan tentang ciri-ciri makhluk
hidup yang salah satunya makhluk hidup butuh makan.
(ii) Siswa mendengarkan penjelasan guru.
(iii) Guru mengadakan tanya jawab tentang dari
mana makanan berasal.
(iv) Guru memberikan gambar makanan empat sehat
lima sempurna yang sangat kita butuhkan.
(v) Siswa diajak mencocokkan gambar dengan makanan
yang telah dibawa.
(vi) Guru membimbing siswa untuk diajak keluar
untuk melihat dan mengamati kebun-kebun yang ada di sekitar.
(vii) Siswa mencatat dan mengamati kebun-kenun yang
ada dan beserta bagianbagiannya.
(viii) Guru membimbing siswa untuk mengelompokkan
jenis-jenis tumbuhan sesuai dengan kegunaan masing-masing bagian.
(ix) Siswa diajak bernyanyi sambil mengingat.
makan yang jadi kesukaannya.
(x) Sambil bernyanyi siswa bercerita tentang
kesukaan makanan mereka.
(xi) Guru berdiskusi dengan siswa cara
melestarikan tanaman dan hewan.
(xii) Guru menjelaskan bagaimana cara melestarikan
dan membuat kesimpulan.
(xiii) Guru membuat tugas agar dikerjakan di rumah.
c. Kegiatan Akhir
(i) Guru mengajak siswa untuk menarik kesimpulan
tentang manfaat tumbuhan dan hewan.
(ii) Guru memberi tugas untuk dikerjakan
di rumah.
VIII.
Alat Peraga dan Sumber Belajar
a. Alat Peraga
a. Gambar
b. Nasi
c. Lauk
d. Sayur
e. Buah
f. Susu
b. Sumber Belajar
a. Modul Keanekaragaman Hayati, Hanns
Saidel Foundation.
b. LKSModul Keanekaragaman Hayati, Hanns
Saidel Foundation.
c. Lingkungan sekitar
IX. Penilaian
a. Teknik Tes
(i) Tes lisan
(ii) Tes tertulis
(iii) Tes perbuatan
b. Bentuk Tes
(i) Objektif tes
(ii) Non objektif tes
c. Instrumen Tes
(i) LKS
(ii) Lembar observasi
0 Response to "Contoh RPP SD Kelas 3 Semester 1 Pendidikan Lingkungan Hidup"