Contoh RPP SD/MI Kelas 2 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)




Contoh RPP SD/MI Kelas 2 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

RENCANA PEMBELAJARAN

SD/MI                        :      Negeri
Mata Pelajaran            :      Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema                           :      Aku dan Keluargaku
Kelas/Semester           :      II/2

Standar Kompetensi       : 2.     Memahami kedudukan dan peran anggota keluarga dan lingkungan tetangga.
Kompetensi Dasar          : 2.1    Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
Indikator :
2.1.1 Bercerita pengalaman waktu melaksanakan peran dalam keluarga.
2.1.2 Menceritakan akibat tidak melaksanakan peran dalam keluarga.
2.1.3 Menyebutkan peran setiap anggota keluarga.
Alokasi Waktu :
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menyebutkan anggota keluarganya.
2.      Menentukan hubungan kekerabatan keluarga.
3.      Mengidentifikasi kedudukan dalam keluarga.
4.      Menentukan peran setiap anggota keluarga.
5.      Memberi contoh peran dalam keluarga.
6.      Mengembangkan rasa hormat dan kasih saying dalam keluarga.
B.     Materi pembelajaran
1.      Kedudukan anggota keluarga
Keluarga terbentuk karena adanya ikatan pernikahan ayah dan ibu. Ada yang disebut keluarga inti dan ada yang disebut keluarga bukan inti. Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Keluarga bukan inti adalah orang yang tinggal bersama keluarga initi seperti kakek, nenek, bibi, dan paman. Kedudukan ayah dalam keluarga inti sebagai kepala keluarga atau kepala rumah tangga. Ibu sebagai pendamping ayah dan anak sebagai anggota keluarga. (Mastur dkk, 2007 : 32).
a.       Hak dan kewajiban orang tua.
Hak orang tua adalah :
-                                                                                                  Mendapat pekerjaan
-                                                                                                  Mendapat penghargaan
-                                                                                                  Mendapat penghormatan
Kewajiban orang tua adalah :
-                                                                                                  Bekerja
-                                                                                                  Mengasuh dan membimbing anak
b.      Hak dan kewajiban anak.
Hak anak adalah :
-                                                                                                  Hak untuk berkembang
-                                                                                                  Memperoleh kasih saying
-                                                                                                  Memperoleh perlindungan dan pemeliharaan
-                                                                                                  Memperoleh pendidikan
Kewajiban anak adalah :
-                                                                                                  Menghormati orang tua
-                                                                                                  Menjaga nama baik orang tua
-                                                                                                  Membantu orang tua
-                                                                                                  Tunduk dan taat kepada orang tua
-                                                                                                  Selalu berdo’a untuk orang tua
-                                                                                                  Hidup rukun dengan saudara
c.       Saling menghormati dan kasih sayang dalam keluarga.
Sikap saling menghormati dilakukan pada seluruh anggota keluarga. Ketentraman akan tercapai bila anggota keluarga saling menghormati.
2.      Silsilah keluarga.
Silsilah keluarga adalah asal usul keluarga. Silsilah berguna untuk mengetahui garis keturanan dan kedudukan dalam keluarga.
3.      Peran anggota keluarga.
Ayah berperan sebagai suami ibu, sebagai pencari nafkah untuk keluarga dan sebagai keluarga. Ibu berperan sebagai istri ayah, sebagai pengatur rumah tangga, membantu suami dalam mencari nafkah, membimbing, merawat, mengasuh dan mendidik anaknya. Anak tertua berperan membantu menghidupi adik-adiknya dan orang tua. Anak berperan untuk membantu orang tua, belajar dan patuh terhadap orang tua. 
C.   Metode
1.    Ceramah
2.    penugasan
3.    Tanya jawab
4.    Bermain peran
D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, siswa dapat :
1.    Pertemuan 1
a.      Pendahuluan
Apersepsi   :  Tulislah anggota keluargamu/menyanyi lagu “satu-satu”.
Motivasi     :  Cerita tentang hubungan kekerabatan keluarga, rasa kasih sayang.
b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati kartu keluarga masing-masing.
2.      Menuliskan anggota keluarganya.
3.      Menentukan hubungan kekerabatan dalam keluarga.
a.         Ayah, ibu, kakek, nenek
b.        Paman, bibi
c.         Kakak, adik
4.      Tanya jawab tentang keluarga mengenai hak dan kewajiban masing-masing.
c.       Penutup
1.      Penilaian
2.       Refleksi        : mengungkapkan kesan rasa kasih sayang dalam keluarga.
2.    Pertemuan 2
a.      Pendahuluan
Apersepsi     :   Menyanyi lagu “Kasih Ibu”
Motivasi      : Cerita kegiatan orang tua dalam usaha mencukupi kebutuhan keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1.      Memberi contoh bagan keluarga/silsilah keluarga.
2.      Siswa membuat bagan keluarganya berdasarkan contoh dari guru.
3.      Menempelkan foto/bisa diganti dengan tulisan masing-masing anggota keluarga ke dalam bagan.
4.      Bermain peran menjadi ayah, ibu, paman, bibi, dan seterusnya untuk memantapkan mengenal kedudukan keluarga.
c.       Penutup
1.      Penilaian
2.        Refleksi :    siswa mengungkapkan kesan hak dan kewajiban dalam keluarga.
3.    Pertemuan 3
a.      Pendahuluan
Apersepsi    :   Apa kegiatanmu setelah pulang sekolah ?
Motivasi      :   Bercerita hidup rukun dalam keluarga, bertetangga, dan dengan sesama teman..
b.      Kegiatan Inti
1.      Mencari informasi peran ayah/ibu dengan nara sumber (ayah/ibu atau orang tua, tetangga).
2.      Menuliskan dengan kalimat sederhana hasil tanya jawab dengan nara sumber.
3.      Membacakan hasil catatannya.
4.      Guru membimbing dengan daftar pertanyaan untuk siswa.
c.       Penutup
1.      Penilaian
2.    Refleksi :       mengungkapkan kesan tugas masing-masing siswa dalam keluarga.
E.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Kartu keluarga
2.      Bagan/silsilah keluarga
3.      Daftar pertanyaan
4.      Buku IPS II, halaman 39-46
F.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Tes tertulis
b.      Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a.       Tes uraian dan isian
b.      Tes Uji Petik Produk
3. Soal/Instumen
a.      Tes Isian
2.      Dalam keluarga yang berperan sebagai keluarga adalah ….
3.      Adik perempuan dari orang tua kita adalah ….
4.      Orang tua laki-laki dari ayah atau ibu, kita sebut ….
Tes Uraian
1.        Sebutkan peran setiap anggota keluargamu masing-masing !
2.        Tulislah anggota keluargamu
 b.   Tes Uji Petik Kerja Produk
Buatlah bagan/silsilah keluargamu, bila ada tempelkan foto masing-masing!


0 Response to "Contoh RPP SD/MI Kelas 2 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"