Contoh RPP SD/MI Kelas 2 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
RENCANA PEMBELAJARAN
SD/MI
: Negeri
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema
: Aku dan Keluargaku
Kelas/Semester : II/2
Standar Kompetensi :
2. Memahami kedudukan dan peran
anggota keluarga dan lingkungan tetangga.
Kompetensi Dasar :
2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
Indikator :
2.1.1 Bercerita
pengalaman waktu melaksanakan peran dalam keluarga.
2.1.2 Menceritakan akibat tidak melaksanakan peran
dalam keluarga.
2.1.3
Menyebutkan peran setiap anggota keluarga.
Alokasi Waktu :
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menyebutkan
anggota keluarganya.
2. Menentukan
hubungan kekerabatan keluarga.
3. Mengidentifikasi
kedudukan dalam keluarga.
4. Menentukan
peran setiap anggota keluarga.
5. Memberi
contoh peran dalam keluarga.
6. Mengembangkan
rasa hormat dan kasih saying dalam keluarga.
B.
Materi pembelajaran
1. Kedudukan
anggota keluarga
Keluarga terbentuk karena adanya ikatan pernikahan ayah dan ibu. Ada yang
disebut keluarga inti dan ada yang disebut keluarga bukan inti. Keluarga inti
terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Keluarga bukan inti adalah orang yang tinggal
bersama keluarga initi seperti kakek, nenek, bibi, dan paman. Kedudukan ayah
dalam keluarga inti sebagai kepala keluarga atau kepala rumah tangga. Ibu
sebagai pendamping ayah dan anak sebagai anggota keluarga. (Mastur dkk, 2007 :
32).
a. Hak
dan kewajiban orang tua.
Hak orang tua adalah :
-
Mendapat pekerjaan
-
Mendapat penghargaan
-
Mendapat penghormatan
Kewajiban orang tua adalah :
-
Bekerja
-
Mengasuh dan membimbing anak
b. Hak
dan kewajiban anak.
Hak anak adalah :
-
Hak untuk berkembang
-
Memperoleh kasih saying
-
Memperoleh perlindungan dan pemeliharaan
-
Memperoleh pendidikan
Kewajiban anak adalah :
-
Menghormati orang tua
-
Menjaga nama baik orang tua
-
Membantu orang tua
-
Tunduk dan taat kepada orang tua
-
Selalu berdo’a untuk orang tua
-
Hidup rukun dengan saudara
c. Saling
menghormati dan kasih sayang dalam keluarga.
Sikap saling menghormati dilakukan pada seluruh anggota keluarga.
Ketentraman akan tercapai bila anggota keluarga saling menghormati.
2. Silsilah
keluarga.
Silsilah keluarga adalah asal usul keluarga. Silsilah berguna untuk
mengetahui garis keturanan dan kedudukan dalam keluarga.
3. Peran
anggota keluarga.
Ayah berperan sebagai suami ibu, sebagai pencari nafkah untuk keluarga
dan sebagai keluarga. Ibu berperan sebagai istri ayah, sebagai pengatur rumah
tangga, membantu suami dalam mencari nafkah, membimbing, merawat, mengasuh dan
mendidik anaknya. Anak tertua berperan membantu menghidupi adik-adiknya dan
orang tua. Anak berperan untuk membantu orang tua, belajar dan patuh terhadap
orang tua.
C. Metode
1. Ceramah
2. penugasan
3. Tanya jawab
4. Bermain
peran
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, siswa dapat :
1. Pertemuan 1
a.
Pendahuluan
Apersepsi : Tulislah anggota keluargamu/menyanyi lagu “satu-satu”.
Motivasi : Cerita tentang hubungan kekerabatan keluarga, rasa kasih
sayang.
b.
Kegiatan Inti
1. Mengamati
kartu keluarga masing-masing.
2. Menuliskan
anggota keluarganya.
3. Menentukan
hubungan kekerabatan dalam keluarga.
a.
Ayah, ibu, kakek, nenek
b.
Paman, bibi
c.
Kakak, adik
4. Tanya
jawab tentang keluarga mengenai hak dan kewajiban masing-masing.
c.
Penutup
1. Penilaian
2. Refleksi :
mengungkapkan kesan rasa kasih sayang dalam keluarga.
2. Pertemuan 2
a.
Pendahuluan
Apersepsi
: Menyanyi lagu “Kasih Ibu”
Motivasi :
Cerita kegiatan orang tua dalam usaha mencukupi kebutuhan keluarga.
b.
Kegiatan Inti
1. Memberi
contoh bagan keluarga/silsilah keluarga.
2. Siswa
membuat bagan keluarganya berdasarkan contoh dari guru.
3. Menempelkan
foto/bisa diganti dengan tulisan masing-masing anggota keluarga ke dalam bagan.
4. Bermain
peran menjadi ayah, ibu, paman, bibi, dan seterusnya untuk memantapkan mengenal
kedudukan keluarga.
c.
Penutup
1. Penilaian
2.
Refleksi
: siswa mengungkapkan kesan hak
dan kewajiban dalam keluarga.
3. Pertemuan 3
a.
Pendahuluan
Apersepsi : Apa kegiatanmu setelah pulang sekolah ?
Motivasi :
Bercerita hidup rukun dalam
keluarga, bertetangga, dan dengan sesama teman..
b.
Kegiatan Inti
1. Mencari
informasi peran ayah/ibu dengan nara sumber (ayah/ibu atau orang tua,
tetangga).
2. Menuliskan
dengan kalimat sederhana hasil tanya jawab dengan nara sumber.
3. Membacakan
hasil catatannya.
4. Guru
membimbing dengan daftar pertanyaan untuk siswa.
c.
Penutup
1. Penilaian
2. Refleksi
: mengungkapkan kesan tugas
masing-masing siswa dalam keluarga.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Kartu
keluarga
2. Bagan/silsilah
keluarga
3. Daftar
pertanyaan
4. Buku
IPS II, halaman 39-46
F. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes
unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian dan isian
b. Tes
Uji Petik Produk
3. Soal/Instumen
a.
Tes Isian
2. Dalam
keluarga yang berperan sebagai keluarga adalah ….
3. Adik
perempuan dari orang tua kita adalah ….
4. Orang
tua laki-laki dari ayah atau ibu, kita sebut ….
Tes Uraian
1.
Sebutkan peran setiap anggota keluargamu masing-masing
!
2.
Tulislah anggota keluargamu
b. Tes
Uji Petik Kerja Produk
Buatlah bagan/silsilah keluargamu, bila ada tempelkan foto masing-masing!
0 Response to "Contoh RPP SD/MI Kelas 2 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"