RENCANA PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Kerajinan
Tangan dan Kesenian
Kelas : IV
(Empat)
Semester : 2
Alokasi
Waktu : 1 x 40
Hari
/ Tanggal : Sabtu,
I. Standar Kompetensi
Memahami, menilai dan
berkarya model benda kontruksi.
II. Kompetensi Dasar
Bekerja model benda
kontruksi.
III. Hasil Belajar
Membuat model benda
kontruksi dengan teknik lipat dan teknik kontruksi.
IV. Indikator
- Merencanakan model pembuatan benda
kontruksi dengan teknik lipat.
- Membuat model benda kontruksi.
V. Materi Pokok
Ragam model benda
kontruksi dengan teknik lipat dari model kreatif.
VI. Materi Pembelajaran
“Tas Kertas”
Untuk membuat tas kertas, alat yang diperlukan adalah :
- Karton
manila berukuran 40 cm x 30 cm.
- Pensil tulis dan Pensil warna.
- Gunting Kertas.
- Penggaris.
- Tali.
- Lem
Cara Pembuatan :
1. Buatlah
kotak pada kertas karton manila ukuran 40 x 30 cm. Ukurlah setiap bidang sesuai
dengan yang tertera pada gambar berikut ini :
2. Buatlah
garis-garis pada setiap bidang bagian sisi kanan dan sisi kiri seperti yang
terlihat pada gambar.
3. Guntinglah
bagian yang diperlukan, sehingga terbentuk pola kemasan yang kita inginkan.
Keterangan
:
Bagian
yang dibuang
menggunakan
gunting.
4. Pola
kemasan sudah berbentuk. Sekarang, lipat pola kemasan menurut garis
putus-putus. Lakukan dengan cermat.
5. Bentuk
pola menjadi sebuah kotak memanjang, dan kedua tepi diberi lem perekat untuk
menyatukan kedua bagian tepi, sehingga menjadi bentuk sebuah tas (seperti
gambar dibawah ini). Agar bentuk tas menjadi menarik beri tali dan beri hiasan
pada bagian badan depan dan belakang dengan gambar ornamen / dekoratif.
VII. Strategi Pembelajaran
1. Metode
- Ceramah.
- Tanya Jawab.
- Demonstrasi.
2. Langkah-langkah
Pembelajaran.
a. Pra Kegiatan.
-
Salam, do’a dan absensi.
-
Pengkondisian
kelas.
b. Kegiatan
Awal (appersepsi).
Bagaimana
cara melipat yang baik?
c. Kegiatan Inti.
-
Guru menjelaskan cara melipat dan bahan yang digunakan
untuk membuat tas.
-
Siswa melihat cara membuat lipatan yang baik dan
memahami langkah-langkahnya.
-
Siswa dapat mengukur, menggaris dan menggunting sendiri
untuk membuat tas.
-
Siswa dapat menghias sendiri menurut kreasi supaya tas
terlihat cantik dan menarik.
d. Kegiatan Akhir
-
Guru membimbing sisa membuat kesimpulan.
VIII. Media dan Sumber
1. Media
-
Karton Manila berukuran 60 cm x 35 cm.
-
Pensil tulis dan pensil warna.
-
Penggaris.
-
Gunting Kertas.
-
Tali.
2. Sumber
Buku paket kelas IV “Kerajinan tangan dan Kesenian”
Untuk SD. Penerbit Erlangga.
IX. Penilaian
Penilaian ketrampilan dengan hasil
bagus dan menarik.
Kriteria
|
Skor
|
Langkah-langkah
pembuatan yang benar
|
2
|
Cara
pembuatan secara urut
|
3
|
Ketelitian
dalam pembuatan
|
2
|
Kerapian
dan Kreasi menghias
|
3
|
Nilai : Jumlah Kreteria + Skor
0 Response to "Contoh Rencana Pembelajaran ( RP ) Kelas 4 Semester 2 Kerajinan Tangan Dan Kesenian"