Contoh rencana pembelajaran (RP)
Matematika Kelas 5 Semester 1
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas
: V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi
Waktu : 3 jam pelajaran (1x pertemuan)
I. KOMPETENSI
DASAR : 4.1. Menghitung volume kubus dan balok
II.
INDIKATOR : - Menemukan rumus volume kubus dan balok
- Menggunakan rumus untuk menentukan volume
rumus dan balok
III. MATERI
POKOK : - Volume bangun ruang
IV. MEDIA DAN
SUMBER
1. Media : Alat peraga berupa kubus dan balok
2.
Sumber :
Matematika kelas 5A, Yudhistira, hal
164-168
Matematika kelas
5A, Erlangga
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Metode : Ceramah, tanya jawab,
penugasan, diskusi
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pra kegiatan belajar mengajar
a. Mempersiapkan alat peraga dan alat tulis
b. Mengucapkan salam
c. Memperkenalkan diri pada siswa
d. Mengabsen siswa
2. Kegiatan awal
a. Apersepsi melalui tanya jawab
- Menentukan
rumus volume kubus dan balok
- Cara menggunakan rumus untuk menentukan volume
kubus dan balok
b. Motivasi
- Memberi pujian pada siswa yang dapat
menjawab pertanyaan dengan benar
- Mengarahkan perhatian siswa terhadap
pentingnya materi pelajaran
- Menciptakan suasana kelas yang menarik
bagi siswa
3. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan macam-macam bangun ruang
b. Guru menjelaskan perbedaan antara bangun
datar dan bangun ruang
4. Kegiatan Akhir
a. Siswa mencatat rangkuman materi pelajaran
b. Mengadakan evaluasi
- Membagi soal tes kepada siswa
- Siswa mengerjakan soal tes
- Mengoreksi hasil tes
- Menganalisis hasil koreksi
c. Mengadakan tindak lanjut
- Setelah hasil tes diketahui, guru
memberikan soal tes perbaikan dan pengayaan
- Soal perbaikan dan pengayaan terlampir
VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
1. Tes awal, dilaksanakan dalam bentuk
appersepsi
2. Tes dalam proses, dilaksanakan dalam bentuk kerja
kelompok
3. Tes akhir, dilaksanakan secara individual
B. Jenis Tes
1. Tes lisan (dalam appersepsi)
2. Tes tertulis (dalam KBM dan tes akhir)
C. Bentuk Tes
1. Pilihan ganda
2. Uraian terbatas
D. Alat Tes
1. Soal tes
a. Pertanyaan appersepsi (secara lisan)
b. Lembar kerja (terlampir)
c. Soal tes formatif (terlampir)
2. Kunci jawaban
LEMBAR KERJA
PETUNJUK : Kerjakan
tugas dibawah ini secara berkelompok !
Diskusikan dengan
temanmu pertanyaan berikut !
1. Panjang rusuk sebuah kubus adalah 5 satuan,
maka volume kubus adalah ….
2. Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 5
satuan, lebar 4 satuan dan tinggi 3 satuan.
Hitunglah volume balok itu !
SOAL TES FORMATIF
PETUNJUK : Berilah tanda silang pada huruf a, b, c atau d didepan jawaban
yang paling benar.
1. Gambar
sudut yang besarnya 100° adalah . . . .
a. c.
b. d.
2. Yang
termasuk satuan luas adalah . . . .
a. dm c. m2
b. ml d. cm3
3. Yang
termasuk satuan volume adalah . . . .
a. L c. m / detik
b. cm2 d. ha
4. 10
m3 – 4000 L = . . . dam3
a. 1.400 c. 10.400
b. 6.000 d. 16.000
5. Sebuah
segitiga siku-siku salah satu sudutnya 55°, maka sudut yang lain . . . .
a. 35° c. 55°
b. 45° d. 65°
LEMBAR SOAL TES PERBAIKAN
Petunjuk : Isilah titik-titik di bawah ini
!
|
|||||||
|
|||||||
LEMBAR SOAL TES PENGAYAAN
Petunjuk : Jawablah soal berikut ini !
1. Luas alas sebuah kubus sama dengan luas
balok yang mempunyaivolume 175 cm3 . Bila tinggi balik 7 cm, maka
volume kubus itu adalah …..
2. Berapakah hasil dari 15 + (-25) x 9-(-7) +
13 ?
Kunci Jawaban Tes Formatif 1.
1.
2.
3.
4.
5.
Kunci
Jawaban Soal Tes Perbaikan
1. 15,625 cm3
2. 9 cm
Kunci
Jawaban Soal Tes Pengayaan
1. 125 cm3
2. 15 + (-225) – (-7) + 13 = -210 + 7 + 13 = -
190
LEMBAR SOAL TES PENGAYAAN
PETUNJUK
: Jawablah soal berikut ini !
1 Mengapa negara Indonesia zaman dahulu mudah
dikuasai oleh bangsa lain ?
2. Sebutkan
agama-agama yang disahkan dan diakui oleh pemerintah !
3. Sebutkan tarian dari Sulawesi
Selatan !
4. Pakaian
adat biasanya dipakai apa saja ?
5. Bagaimana
sikap kita jika ada pertunjukan tarian daerah ?
KUNCI JAWABAN SOAL TES FORMATIF
1.
d 6.
d
2.
b 7.
a
3.
b 8.
a
4.
d 9.
b
5.
b 10. d
KUNCI JAWABAN SOAL TES PERBAIKAN
1. Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu
2. Dijajah
oleh negara lain
3. Sulawesi
4. Yogyakarta
5. Gotong
royong
KUNCI JAWABAN SOAL TES PENGAYAAN
1. Karena belum ada persatuan dan kesatuan
2. Islam, Kristen, Katholik,
Hindu, Budha dan Kong Hu Cu serta Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3. Bosara, Si tempa-tempa
4. Acara
perkawinan, khitanan, pelarungan
5. Menghargai
dan menerima keragaman yang ada di masyarakat setempat
0 Response to "Contoh rencana pembelajaran (RP) Matematika Kelas 5 Semester 1"