Contoh rencana pembelajaran (RP) Matematika Kelas 5 Semester 1



Contoh rencana pembelajaran (RP) Matematika Kelas 5 Semester 1


RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              :    Matematika     
Kelas                             :    V (Lima)
Semester                        :    I (Satu)
Alokasi Waktu              :    3 jam pelajaran (1x pertemuan)           
 

I.     KOMPETENSI DASAR   :      4.1. Menghitung volume kubus dan balok

II.   INDIKATOR                    :      -      Menemukan rumus volume kubus dan balok
                                                           -      Menggunakan rumus untuk menentukan volume rumus dan balok

III.  MATERI POKOK             :      -      Volume bangun ruang

IV.  MEDIA DAN SUMBER
1.    Media         :    Alat peraga berupa kubus dan balok
2.    Sumber       :    Matematika kelas 5A, Yudhistira, hal 164-168
                               Matematika kelas 5A, Erlangga

V.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.   Metode       :    Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
B.   Langkah-langkah Pembelajaran
       1.    Pra kegiatan belajar mengajar
              a.     Mempersiapkan alat peraga dan alat tulis
              b.    Mengucapkan salam
              c.     Memperkenalkan diri pada siswa
              d.    Mengabsen siswa
       2.    Kegiatan awal
              a.     Apersepsi melalui tanya jawab
                     -      Menentukan rumus volume kubus dan balok
                     -      Cara menggunakan rumus untuk menentukan volume kubus dan balok
              b.    Motivasi
                     -      Memberi pujian pada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar
                     -      Mengarahkan perhatian siswa terhadap pentingnya materi pelajaran
                     -      Menciptakan suasana kelas yang menarik bagi siswa
       3.    Kegiatan Inti
              a.     Guru menjelaskan macam-macam bangun ruang
              b.    Guru menjelaskan perbedaan antara bangun datar dan bangun ruang
       4.    Kegiatan Akhir
              a.     Siswa mencatat rangkuman materi pelajaran
              b.    Mengadakan evaluasi
                     -      Membagi soal tes kepada siswa
                     -      Siswa mengerjakan soal tes
                     -      Mengoreksi hasil tes
                     -      Menganalisis hasil koreksi
              c.     Mengadakan tindak lanjut
                     -      Setelah hasil tes diketahui, guru memberikan soal tes perbaikan dan pengayaan
                     -      Soal perbaikan dan pengayaan terlampir

VI.  PENILAIAN
A.   Prosedur Penilaian
       1.    Tes awal, dilaksanakan dalam bentuk appersepsi
       2.    Tes dalam proses, dilaksanakan dalam bentuk kerja kelompok
       3.    Tes akhir, dilaksanakan secara individual
B.   Jenis Tes
       1.    Tes lisan (dalam appersepsi)
       2.    Tes tertulis (dalam KBM dan tes akhir)
C.   Bentuk Tes
       1.    Pilihan ganda
       2.    Uraian terbatas
D.   Alat Tes
       1.    Soal tes 
              a.     Pertanyaan appersepsi (secara lisan)
              b.    Lembar kerja (terlampir)
              c.     Soal tes formatif (terlampir)
       2.    Kunci jawaban

                                                                                                                     
LEMBAR KERJA

PETUNJUK   :      Kerjakan tugas dibawah ini secara berkelompok !
                               Diskusikan dengan temanmu pertanyaan berikut !

1.    Panjang rusuk sebuah kubus adalah 5 satuan, maka volume kubus adalah ….
2.    Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 5 satuan, lebar 4 satuan dan tinggi 3 satuan.
       Hitunglah volume balok itu !


SOAL TES FORMATIF

PETUNJUK   :      Berilah tanda silang pada huruf a, b, c atau d didepan jawaban yang paling benar.

1.   Gambar sudut yang besarnya 100° adalah  . . . .


 
      a.                                                               c.  


      b.                                                               d.  

2.   Yang termasuk satuan luas adalah . . . .
      a.   dm                                                       c.   m2
      b.   ml                                                        d.   cm3
3.   Yang termasuk satuan volume adalah . . . .
      a.   L                                                          c.   m / detik
      b.   cm2                                                      d.   ha
4.   10 m3 – 4000 L =  . . .  dam3
      a.   1.400                                                   c.   10.400
      b.   6.000                                                   d.   16.000
5.   Sebuah segitiga siku-siku salah satu sudutnya 55°, maka sudut yang lain . . . .
      a.   35°                                                       c.   55°
      b.   45°                                                       d.   65°


LEMBAR SOAL TES PERBAIKAN

Petunjuk : Isilah titik-titik di bawah ini !













Volume kubus di samping adalah ….
 





Volume balok di samping adalah ….
 

 













LEMBAR SOAL TES PENGAYAAN
Petunjuk : Jawablah soal berikut ini !
1.    Luas alas sebuah kubus sama dengan luas balok yang mempunyaivolume 175 cm3 . Bila tinggi balik 7 cm, maka volume kubus itu adalah …..

2.    Berapakah hasil dari 15 + (-25) x 9-(-7) + 13 ?

Kunci Jawaban Tes Formatif 1.
1.
2.
3.
4.
5.

Kunci Jawaban Soal Tes Perbaikan
1.    15,625 cm3
2.    9 cm

Kunci Jawaban Soal Tes Pengayaan
1.    125 cm3
2.    15 + (-225) – (-7) + 13 = -210 + 7 + 13 = - 190
LEMBAR SOAL TES PENGAYAAN

PETUNJUK : Jawablah soal berikut ini !

1     Mengapa negara Indonesia zaman dahulu mudah dikuasai oleh bangsa lain ?
2.    Sebutkan agama-agama yang disahkan dan diakui oleh pemerintah !
3.    Sebutkan tarian dari Sulawesi Selatan !
4.    Pakaian adat biasanya dipakai apa saja ?
5.    Bagaimana sikap kita jika ada pertunjukan tarian daerah ?



KUNCI JAWABAN SOAL TES FORMATIF

       1.       d                             6.      d                                 
       2.       b                              7.      a                                  
       3.       b                              8.      a                                  
       4.       d                             9.      b                                 
       5.       b                              10.    d                                 


KUNCI JAWABAN SOAL TES PERBAIKAN

1.    Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu
2.    Dijajah oleh negara lain
3.    Sulawesi
4.    Yogyakarta
5.    Gotong royong


KUNCI JAWABAN SOAL TES PENGAYAAN

1.    Karena belum ada persatuan dan kesatuan
2.    Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu serta Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3.    Bosara, Si tempa-tempa
4.    Acara perkawinan, khitanan, pelarungan
5.    Menghargai dan menerima keragaman yang ada di masyarakat setempat


0 Response to "Contoh rencana pembelajaran (RP) Matematika Kelas 5 Semester 1"