Contoh Rencana Pembelajaran (RP) Matematika Kelas 2 Semester
2
RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Alat ukur panjang
Sub Pokok Bahasan : Menaksir panjang benda
Kelas, Semester : II
Dua, II (Dua)
Hari dan Tanggal :
Waktu : 2 jam pertemuan (jam ke 1 dan ke 2)
I. Tujuan Pembelajaran
A. Tujuan Pembelajaran Umum (TPU)
- Melakukan
pengukuran dan menggunakan dalam pemecahan masalah.
B. Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)
- Melalui penjelasan guru, tentang menaksir panjang
benda.
- Mengukur panjang benda
II. Materi Pembelajaran
A. Pokok-Pokok Materi
- Contoh
mengukur benda yang kita lihat.
a. Mengukur buku,
pensil, meja dan lain sebagainya
b. Menaksir panjang
benda sampai terdekat dengan ukuran cm
B. Media / Gambar
a. Media
gambar : Mengukur benda dengan satuan baku, yaitu cm, dan m
b. Sumber-sumber
bahan mengajar : Buku Gemar Belajar Matematika 2 “Aneka Ilmu”, halaman 95
III. Kegiatan Pembelajaran (Belajar Mengajar)
A. Metode
- Ceramah
- Tanya jawab
- Penugasan
- Diskusi
B. Langkah-langkah
1. Pra Kegiatan Belajar Mengajar
- Menyiapkan alat pelajaran matematika “Aneka
Ilmu” halaman 95
2. Kegiatan Awal (5 menit)
- Mengucapkan salam.
- Perkenalan
- Apersepsi : Coba anak-anak, alat apa saja yang kamu
bawa pada waktu pergi sekolah ?
- Siapa yang membawa pensil, buku, penggaris
?
3. Coba sekarang lihat angka pada penggarismu !
Dari
angka berapa sampai angka berapa ?
IV. Kegiatan Inti (50 menit)
- Guru menjelaskan tentang :
- Panjang
benda
- Mengukur panjang benda
- Menaksir
panjang benda
- Dengan
bimbingan dan praktek dari guru, anak dapat mengetahui dan mengerti cara
mencari, mengukur dan menaksir panjang suatu benda.
- Kegiatan Akhir
- Guru
memberi tes formatif
- Siswa
mengerjakan tes formatif.
- Guru
menganalisis hasil tes formatif, dan nilai anak
kurang dari 70 diberi tes perbaikan dan nilai lebih 70 ke atas diberi
tes pengayaan.
IV. Evaluasi
A. Prosedur
Tes
1. Tes
awal, dilaksanakan pada awal kegiatan sebagai apersepsi
2. Tes
dalam proses, diketahui dalam lembar kerja
3. Tes
akhir, dilaksanakan dalam tes formatif
B. Bentuk Tes
1. Subyektif
2. Obyektif
C. Jenis Tes
1. Tes
lisan
2. Tes
tertulis
D. Alat Penilaian
1. Lembar
kerja
2. Soal
tes formatif
3. Kriteria
penilaian
PROGRAM TES PERBAIKAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : II (Dua), II (Dua)
Selesaikan
soal berikut dengan benar !
1. Sendok
dengan piring kira-kira berat mana ?
2. Luas
bukumu dan mejamu kira-kira luas mana ?
3. Ada
berapa meterkah 300 cm itu ?
4.
|
atau berat ?
5.
Bahan melengkung ini,
memakai alat ukur apa ?
PROGRAM
PENGAYAAN
Selesaikan
soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Taksiran
angka 11 lebih kurang dari angka 12, berarti angka itu adalah mendekati angka
berapa ?
2. Bila
jarak Jepara ® Kembang 17 km lebih, Jepara ® Pecangaan 18 km kurang, maka jarak keduanya berapa ?
KUNCI JAWABAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : II (Dua), II (Dua)
1. Dari Tes Formatif
1. 4 ½ cm
2. 5 cm
3. 5 cm
4. 5 ½ cm
2. Dari Tes Perbaikan
1. Berat piring
2. Luas meja
3. 3 meter (3 m)
4. Untuk mengukur berat
5. Memakai alat ukur benang
3. Dari
Tes Pengayaan
1. Mendekati angka 12
2. Jaraknya sama
ANALISIS HASIL EVALUASI
TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : II (Dua), II (Dua)
Pelaksanaan :
No
|
Rentang Nilai
|
Banyak Murid
|
Jumlah
|
Rata-Rata
|
Daya Serap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 Response to "Contoh Rencana Pembelajaran (RP) Matematika Kelas 2 Semester 2"