Contoh RPP SD Kelas 2 Semester 1 Pendidikan
Lingkungan Hidup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas / Semester : II
/ 1
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Hari /
Tanggal :
I. Standar Kompetensi
Memahami dan mengenal lingkungan sosial dan
lingkungan fisik.
II. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan lingkungan sekolah dan
masyarakat (teman, guru, tetangg dan lain-lain).
2. Menjelaskan pentingnya bersikap rukun di
lingkungan rumah dan sekolah.
3. Menyebutkan jenis-jenis lingkungan fisik
(udara, air, tanah).
4. Menjelaskan perbedaan antara lingkungan
fisik yang baik dengan yang buruk.
III. Indikator
- Menceritakan lingkungan sekolah dan
masyarakat (teman, guru, tetangga dan lainlain).
- Menjelaskan pentingnya bersikap rukun di
lingkungan rumah dan sekolah.
- Menyebutkan jenis-jenis lingkungan fisik
(udara, air, tanah).
- Menjelaskan perbedaan antara lingkungan
fisik yang baik dengan yang buruk.
IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menceritakan lingkungan sekolah
dengan teman, guru, tetangga dan lain-lain.
- Siswa mampu menceritakan lingkungan
masyarakat dengan teman, guru, tetangga dan lain-lain.
- Siswa mampu menjelaskan pentingnya
bersikap rukun di lingkungan rumahdan sekolah.
- Siswa mampu memberikan contoh sikap
rukun di lingkungan rumah dan sekolah
- Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis
lingkungan fisik (udara, air, tanah).
- Siswa mampu menyebutkan lingkungan fisik
yang kurang baik.
- Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara
lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.
V. Materi Pokok Pembelajaran
- Lingkungan sosial
- Lingkungan fisik
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. KegiatanAwal
- Tanya jawab tentang materi yang akan
diajarkan (lingkungan sosial, lingkungan fisik).
- Menginformasikan materi yang akan
diajarkan.
2. Kegiatan
Inti
Pertemuan
I
- Siswa mendengarkan penjelasan tentang
lingkungan sekolah dan masyarakat.
- Siswa dapat menceritakan kembali
lingkungan sekolah kepada teman dan guru.
- Siswa menceritakan lingkungan sekolah ke
dalam bentuk tulisan.
- Siswa menggambarkan lingkungan
sekolahnya dan masyarakat.
- Siswa dapat memberikan contoh manfaat
yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Pertemuan
II
- Mendengarkan penjelasan tentang
pentingnya bersikap rukun di rumah dan di sekolah.
- Siswa dapat memberikan contoh perilaku
rukun di rumah maupun di sekolah kepada temannya.
- Siswa menjelaskan kembali pentingnya
bersikap rukun di rumah maupun di sekolah kepada temannya.
- Siswa menyimpulkan manfaat bersikap
rukun di rumah maupun di sekolah bagi kehidupan sehari-hari.
- Dapat menunjukkan perilaku rukun baik di
rumah maupun di sekolah.
Pertemuan
III
- Mendengarkan penjelasan tentang
jenis-jenis lingkungan fisik (udara, air, tanah).
- Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis
lingkungan fisik (udara, air, tanah).
- Tanya jawab tentang lingkungan fisik
dengan temannya.
- Menyimpulkan manfaat dari lingkungan
fisik (udara, air, tanah).
Pertemuan
IV
- Menjelaskan lingkungan fisik yang baik bagi
manusia.
- Menceritakan lingkungan yang buruk bagi
manusia.
- Dapat memberikan contoh lingkungan yang
buruk, misalnya air yang tercemar karena limbah pabrik maupun limbah rumah
tangga dan sebagainya.
- Tanya jawab tentang lingkungan fisik
yang baik dan yang buruk.
- Siswa mengerjakan latihan soal tentang
lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.
- Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara
lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.
3. Kegiatan Akhir
a. Pemantapan : - Menjelaskan pentingnya bersikap rukun di rumah
maupun masyarakat.
- Menjelaskan perbedaan antara lingkungan
fisik yang baik dan yang buruk.
b. Penilaian : -
Unjuk kerja
- Portofolio
- Pengamatan
- Lisan
-
Tanya jawab
VII.
Alat Peraga dan Sumber Belajar
Alat Peraga
a. Gambar lingkungan masyarakat
b. Gambar perilaku rukun di rumah dan
sekolah
c. Gambar pencemaran udara yang ada di
perkotaan
d. Gambar sungai yang tercemar limbah
Sumber Bahan
a. Buku Lingkungan Hidup
b. Buku IPA
c. Buku PKn
d. Lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar
0 Response to "Contoh RPP SD Kelas 2 Semester 1 Pendidikan Lingkungan Hidup"