Contoh RPP SD Kelas 2 Semester 1 Pendidikan Lingkungan Hidup



Contoh RPP SD Kelas 2 Semester 1 Pendidikan Lingkungan Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                 :      Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas / Semester              :      II / 1
Alokasi Waktu                :      4 x 35 menit
Hari / Tanggal                  :

I.       Standar Kompetensi
Memahami dan mengenal lingkungan sosial dan lingkungan fisik.

II.      Kompetensi Dasar
1.       Menceritakan lingkungan sekolah dan masyarakat (teman, guru, tetangg dan lain-­lain).
2.       Menjelaskan pentingnya bersikap rukun di lingkungan rumah dan sekolah.
3.       Menyebutkan jenis-jenis lingkungan fisik (udara, air, tanah).
4.       Menjelaskan perbedaan antara lingkungan fisik yang baik dengan yang buruk.

III.    Indikator
-        Menceritakan lingkungan sekolah dan masyarakat (teman, guru, tetangga dan lain­lain).
-        Menjelaskan pentingnya bersikap rukun di lingkungan rumah dan sekolah.
-        Menyebutkan jenis-jenis lingkungan fisik (udara, air, tanah).
-        Menjelaskan perbedaan antara lingkungan fisik yang baik dengan yang buruk.

IV.    Tujuan Pembelajaran
-        Siswa mampu menceritakan lingkungan sekolah dengan teman, guru, tetangga dan lain-lain.
-        Siswa mampu menceritakan lingkungan masyarakat dengan teman, guru, tetangga dan lain-lain.
-        Siswa mampu menjelaskan pentingnya bersikap rukun di lingkungan rumahdan sekolah.
-        Siswa mampu memberikan contoh sikap rukun di lingkungan rumah dan sekolah
-        Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis lingkungan fisik (udara, air, tanah).
-        Siswa mampu menyebutkan lingkungan fisik yang kurang baik.
-        Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.




V.      Materi Pokok Pembelajaran
-        Lingkungan sosial
-        Lingkungan fisik

VI.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       KegiatanAwal
-        Tanya jawab tentang materi yang akan diajarkan (lingkungan sosial, lingkungan fisik).
-        Menginformasikan materi yang akan diajarkan.
 2.      Kegiatan Inti
Pertemuan I
-        Siswa mendengarkan penjelasan tentang lingkungan sekolah dan masyarakat.
-        Siswa dapat menceritakan kembali lingkungan sekolah kepada teman dan guru.
-        Siswa menceritakan lingkungan sekolah ke dalam bentuk tulisan.
-        Siswa menggambarkan lingkungan sekolahnya dan masyarakat.
-        Siswa dapat memberikan contoh manfaat yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Pertemuan II
-        Mendengarkan penjelasan tentang pentingnya bersikap rukun di rumah dan di sekolah.
-        Siswa dapat memberikan contoh perilaku rukun di rumah maupun di sekolah kepada temannya.
-        Siswa menjelaskan kembali pentingnya bersikap rukun di rumah maupun di sekolah kepada temannya.
-        Siswa menyimpulkan manfaat bersikap rukun di rumah maupun di sekolah bagi kehidupan sehari-hari.
-        Dapat menunjukkan perilaku rukun baik di rumah maupun di sekolah.
Pertemuan III
-        Mendengarkan penjelasan tentang jenis-jenis lingkungan fisik (udara, air, tanah).
-        Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis lingkungan fisik (udara, air, tanah).
-        Tanya jawab tentang lingkungan fisik dengan temannya.
-        Menyimpulkan manfaat dari lingkungan fisik (udara, air, tanah).
Pertemuan IV
-        Menjelaskan lingkungan fisik yang baik bagi manusia.
-        Menceritakan lingkungan yang buruk bagi manusia.
-        Dapat memberikan contoh lingkungan yang buruk, misalnya air yang tercemar karena limbah pabrik maupun limbah rumah tangga dan sebagainya.
-        Tanya jawab tentang lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.

-        Siswa mengerjakan latihan soal tentang lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.
-        Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.
3.       Kegiatan Akhir
a.       Pemantapan    :    -    Menjelaskan pentingnya bersikap rukun di rumah maupun              masyarakat.
                                      -    Menjelaskan perbedaan antara lingkungan fisik yang baik dan yang buruk.
b.       Penilaian         :    -    Unjuk kerja
                                      -    Portofolio
                                      -    Pengamatan
                                      -    Lisan
                                      -    Tanya jawab

VII.   Alat Peraga dan Sumber Belajar
­        Alat Peraga
a.       Gambar lingkungan masyarakat
b.       Gambar perilaku rukun di rumah dan sekolah
c.       Gambar pencemaran udara yang ada di perkotaan
d.      Gambar sungai yang tercemar limbah
­        Sumber Bahan
a.       Buku Lingkungan Hidup
b.       Buku IPA
c.       Buku PKn
d.      Lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar

0 Response to "Contoh RPP SD Kelas 2 Semester 1 Pendidikan Lingkungan Hidup"