Contoh RPP SMP Kelas 9 Semester 2 Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
09
SMP :
SMP Ngeri
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : IX / II
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintah dan
kerjasama Internasional.
Kompetensi Dasar : 7.4. Mendeskripsikan kerjasama antar
negara di bidang ekonomi.
Indikator :
·
Menjelaskan
arti kerjasama ekonomi antarnegara.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
·
Menjelaskan
tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
·
Mengidentifikasi
hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antarnegara.
·
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
·
Mengidentifikasi
badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia.
Alokasi : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
a) Pertemuan
1
·
Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antar
negara.
·
Menyebutkan
faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara
b) Pertemuan
2
·
Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi antar
negara.
·
Menyebutkan
hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antar negara
c) Pertemuan
3
·
Menyebutkan
bentuk-bentuk kerja sama antar negara.
·
Menjelaskan
badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat Regional maupun multilateral yang
penting bagi Indonesia.
B.
Materi Pembelajaran :
a) Pertemuan
1
·
Pengertian
kerjasama ekonomi antar negara.
·
Faktor
penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara
b) Pertemuan
2
·
Tujuan kerjasama ekonomi antar negara.
·
Hambatan kerjasama ekonomi antar negara
c) Pertemuan
3
·
Bentuk-bentuk kerja sama antar negara.
·
Badan kerjasama Regional maupun multilateral
C.
Metode Pengajaran :
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Inquiry
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Pengertian kerja sama ekonomi antar negara.
- Faktor
penyebab terjadinya kerjasma ekonomi antar negara.
a.
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi,
dengan mengajukan pertanyaan misalnya.
-
“
mengapa setiap negara perlu menjalin hubungan kerja sama dengan negara lain”.
-
“ Coba
apa pendapatmu, andaikata ada suatu negara yang tidak bersedia mengadakan
kerjasama dengan negara lain”.
3. Apersepsi (pengetahuan persyarat )
-
Kerjasama
ekonomi bagi negara sangat memegang peranan penting.
-
Kerjasama
ekonomi meliputi : perdagangan, penyelenggaraan jasa. Pinjaman
modal dll.
b. Kegiatan Inti.
1. Guru
membentuk kelompok diskusi @ 4 siswa.
2. Guru
menyampaikan topik diskusi tentang : ”Pengertian kerja sama ekonomi antar
negara dan sebab-sebab timbulnya kerja sama ekonomi antar negara.
3. Guru
mempersilahkan siswa untuk membaca dan menelaah buku materi.
4. Guru memandu siswa berdiskusi dengan topik yang ada
5. Guru mengawasi dengan memberikan penilaian proses.
6. Guru meminta siswa untuk melaporkan hasil jawaban/
kesimpulan kelompok.
c. Penutup
Membuat kesimpulan
bersama-sama dari hasil diskusi.
a. Alat penilaian :
·
Instrumen
(topik diskusi)
Ø
Kesimpulan
tentang pengertian kerja sama ekonomi antar negara (skor 1 – 5)
Ø
Kesimpulan
tentang sebab timbulnya kerja sama ekonomi antar negara.(skor 1–5)
·
Lembar
penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang di nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1
2
|
Si ”A”
Si ”B”
|
4
3
|
3
2
|
5
4
|
3
4
|
15
13
|
15/20 X 10 = 7,5
13/20 X 10 = 6,5
|
2. Pertemuan II
Materi : - Tujuan kerjasama ekonomi antar negara.
- Hambatan kerjasama ekonomi antar negara
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dan Apersepsi
(pengetahuan persyarat ) seperlunya.
b. Kegiatan Inti.
1. Guru
meminta siswa mempelajari buku paket yang ada.
2. Guru
mempersilahkan siswa untuk bertanya atas masalah – masalah yang belum di bahas
3. Guru meminta perwakilan siswa untuk menyampaikan
kesimpulan pemahamannya.
c. Penutup
Memberikan
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab
3. Pertemuan III
Materi
: - Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama
antar negara.
- Menjelaskan
badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat Regional maupun multilateral yang
penting bagi Indonesia.
a.
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dan Apersepsi
(pengetahuan persyarat ) seperlunya.
b. Kegiatan Inti.
1. Guru
mengajak siswa untuk mengunjungi perpustakaan sekolah.
2. Guru
memandu siswa untuk membaca bahan bacaan yang ada di perpustakaan yang
berhubungan dengan materi.
3. Siswa mengidentifikasi hal-hal yang ditemukan dan hal-hal
yang belum di pahami sesuai dengan materi.
4. Siswa diminta untuk menemukan jawaban dengan kerja
kelompok.
c. Penutup
1. Guru
meminta hasil kerja siswa
2. Guru memberikan kesimpulan dan penekanan jawaban materi.
3. Mengadakan
evaluasi ulangan harian untuk K.D 7.4
E.
Sumber belajar
Buku paket ekonomi dan bahan bacaan perpustakaan yang
mendukung materi
F.
Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik Penilaian.
a. tes tulis
b. tes Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. tes
uraian
b. uji
produk kerja ( hasil pengamatan diskusi )
3.
Instrumen Penilaian
a. Jelaskan
pengertian kerjasama ekonomi antar negara ( Skor 1 – 5 )
b. Sebutkan 5
faktor penyebab timbulnya kerjasama ekonomi antar negara ( skor 1-5)
c. Sebutkan 5
tujuan kerjsama ekonomi antar negara ( skor 1-5)
d. Sebutkan 5
hambatan kerjasama antar negara ( skor 1-5)
e. Sebutkan 5
badan / organisasi ekonomi antar negara ( skor 1-5)
Standar Penilaian :
Jumlah skor
maksimal : 6 x 5 = 30
Nilai Akhir = Jumlah skor/30 X 10
0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 9 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"