Contoh RPP SMP Kelas 9 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)



Contoh RPP SMP Kelas 9 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
09

SMP                             : SMP Ngeri 
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester           : IX / II
Standar Kompetensi      : 7. Memahami perubahan pemerintah dan kerjasama Internasional.                                       
Kompetensi Dasar         : 7.4. Mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang ekonomi.
Indikator                       :
·         Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara.
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
·         Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
·         Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antarnegara.
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
·         Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia.
Alokasi                                     : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran           :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
a)     Pertemuan 1
·         Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antar negara.
·         Menyebutkan faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara
b)    Pertemuan 2
·         Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi antar negara.
·         Menyebutkan hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antar negara
c)     Pertemuan 3
·         Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama antar negara.
·         Menjelaskan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat Regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia.
B. Materi Pembelajaran            :
a)     Pertemuan 1
·         Pengertian kerjasama ekonomi antar negara.
·         Faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara
b)    Pertemuan 2
·         Tujuan kerjasama ekonomi antar negara.
·         Hambatan kerjasama ekonomi antar negara
c)     Pertemuan 3
·         Bentuk-bentuk kerja sama antar negara.
·         Badan kerjasama Regional maupun multilateral
C. Metode Pengajaran  :
  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Inquiry
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     :
1.   Pertemuan I      
Materi : - Pengertian kerja sama ekonomi antar negara.
             - Faktor penyebab terjadinya kerjasma ekonomi antar negara.
a. Pendahuluan :
1.     Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.     Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya.
-          “ mengapa setiap negara perlu menjalin hubungan kerja sama dengan negara lain”.
-          “ Coba apa pendapatmu, andaikata ada suatu negara yang tidak bersedia mengadakan kerjasama dengan negara lain”.
3.     Apersepsi  (pengetahuan persyarat )
-         Kerjasama ekonomi bagi negara sangat memegang peranan penting.
-         Kerjasama ekonomi meliputi : perdagangan, penyelenggaraan jasa. Pinjaman modal dll.
b. Kegiatan Inti.
1.     Guru membentuk kelompok diskusi @ 4 siswa.
2.     Guru menyampaikan topik diskusi tentang : ”Pengertian kerja sama ekonomi antar negara dan sebab-sebab timbulnya kerja sama ekonomi antar negara.
3.     Guru mempersilahkan siswa untuk membaca dan menelaah buku materi.
4.     Guru memandu siswa berdiskusi dengan topik yang ada
5.     Guru mengawasi dengan memberikan penilaian proses.
6.     Guru meminta siswa untuk melaporkan hasil jawaban/ kesimpulan kelompok.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
a.     Alat penilaian :
·         Instrumen (topik diskusi)
Ø  Kesimpulan tentang pengertian kerja sama ekonomi antar negara (skor 1 – 5)
Ø  Kesimpulan tentang sebab timbulnya kerja sama ekonomi antar negara.(skor 1–5)
·         Lembar penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
1-5
1-5
1-5
1-5
1


2



Si ”A”


Si ”B”

4


3
3


2
5


4
3


4
15


13
15/20 X 10 = 7,5

13/20 X 10 = 6,5

2.   Pertemuan II     
Materi : - Tujuan kerjasama ekonomi antar negara.
- Hambatan kerjasama ekonomi antar negara
a. Pendahuluan :
1.     Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.     Motivasi dan Apersepsi  (pengetahuan persyarat ) seperlunya.
b. Kegiatan Inti.
1.     Guru meminta siswa mempelajari buku paket yang ada.
2.     Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya atas masalah – masalah yang belum di bahas
3.     Guru meminta perwakilan siswa untuk menyampaikan kesimpulan pemahamannya.
c. Penutup
Memberikan kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab
3.   Pertemuan III    
Materi : - Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama antar negara.
         - Menjelaskan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat Regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia.
a. Pendahuluan :
1.     Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.     Motivasi dan Apersepsi  (pengetahuan persyarat ) seperlunya.
b. Kegiatan Inti.
1.     Guru mengajak siswa untuk mengunjungi perpustakaan sekolah.
2.     Guru memandu siswa untuk membaca bahan bacaan yang ada di perpustakaan yang berhubungan dengan materi.
3.     Siswa mengidentifikasi hal-hal yang ditemukan dan hal-hal yang belum di pahami sesuai dengan materi.
4.     Siswa diminta untuk menemukan jawaban dengan kerja kelompok.
c. Penutup
1.     Guru meminta hasil kerja siswa
2.     Guru memberikan kesimpulan dan penekanan jawaban materi.
3.     Mengadakan evaluasi ulangan harian untuk K.D 7.4




E.    Sumber belajar
Buku paket ekonomi dan bahan bacaan perpustakaan yang mendukung materi

F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik Penilaian.
a.     tes tulis
b.    tes Penugasan
      2. Bentuk Instrumen
a.     tes uraian
b.    uji produk kerja ( hasil pengamatan diskusi )
3. Instrumen Penilaian         
a.   Jelaskan pengertian kerjasama ekonomi antar negara ( Skor 1 – 5 )
b.   Sebutkan 5 faktor penyebab timbulnya kerjasama ekonomi antar negara ( skor 1-5)
c.   Sebutkan 5 tujuan kerjsama ekonomi antar negara ( skor 1-5)
d.   Sebutkan 5 hambatan kerjasama antar negara ( skor 1-5)
e.   Sebutkan 5 badan / organisasi ekonomi antar negara ( skor 1-5)

Standar Penilaian :

Jumlah  skor maksimal   :    6 x 5 = 30
Nilai Akhir  =    Jumlah skor/30 X 10

0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 9 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"